3.1. Penerapan ringkaS
PENERAPAN ringkaS adalah kegiatan membedakan antara item-item yang diperlukan dengan yang tidak diperlukan, dan memusnahkan item-item yang tidak diperlukan. Aktivitas utamanya adalah menyingkirkan semua item-item yang tidak diperlukan dari tempat kerja serta memformulasikan kebijakan untuk mencegah masalah di sumbernya.
Sasaran dari PENERAPAN ringkaS ini adalah :
- Mendidik Karyawan agar mampu bertindak tepat dan tegas dalam mengambil keputusan kemudian menyingkirkan item-item yang tidak diperlukan dari area kerja.
- Mengklasifikasikan item-item berdasarkan jenisnya (Inventaris - Persediaan - Arsip).
- Melakukan tindakan eliminasi di sumbernya.
Langkah awal di dalam tahapan PENERAPAN ringkaS ini adalah mengklasifikasikan item-item yang ada berdasarkan jenisnya :
- Inventaris, barang-barang yang digunakan dengan masa pakai/usia lebih dari 6 bulan.
- Mesin, Meja, Kursi, dll.
- Persediaan, barang-barang yang disimpan/digunakan dengan masa pakai/usia kurang dari 6 bulan.
- Bahan Baku, Barang dalam proses, Barang jadi, dll.
- Arsip, sekumpulan informasi yang tersimpan dalam media perangkat keras (hardware) maupun perangkat lunak/elektronik (software) yang digunakan untuk pekerjaan.
- Laporan, Rujukan, Sampel/Contoh Produk, Compact Disc (CD), dll.
Diagram 3.1.1 : Diagram Aliran Proses ringkaS.
Diagram 3.1.2 : Diagram Klasifikasi Penerapan ringkaS.
- Contoh Me-ringkaS di Laci Meja Kerja Anda -
Pembahasan PENERAPAN ringkaS lebih lanjut :
- 3.1.1 Label Merah
- 3.1.3a Inventaris
- 3.1.3b Persediaan
- 3.1.3c Arsip
3.3. PEMANTAPAN ringkaS
0 Response to "3.1. Penerapan ringkaS"
Post a Comment