Game 5R-8
Permainan Putaran-8, "RAJIN (KAIZEN 5R)"
Target Waktu : 15 detikTugas Permainan : Mencoret angka dari 1 sampai 49
- Lembar ini cukup diperlihatkan di layar slide saja, tidak perlu dibagikan kepada para perserta permainan.
- Diskusikan bersama para peserta permainan dengan 'Brainstorming', ide-ide kreatif untuk meningkatkan kinerja kelompok.
- Bagaimana dengan kondisi yang seperti ini?
- Apakah target tercapai?
- Apakah masih bisa dibuat lebih baik lagi?
- Bagaimana meningkatkan kinerja kelompok?
Contoh analisa improvement :
Kondisi mula : Jumlah tarikan garis = 49 kali.
Mengurangi pemborosan gerakan dengan merubah susunan angka menjadi seperti berikut ini :
Kondisi akhir : Jumlah tarikan garis = 13 kali.
Selanjutnya menurunkan target waktu dari 15 detik menjadi maksimum 10 detik.
Dengan merubah pola susunan angka menjadi seperti berikut ini :
Jumlah tarikan garis menjadi 5 kali.
Apakah masih bisa di-improve lagi?
Dengan mengurangi pemborosan gerakan, susunan angka dibuat menjadi seperti berikut ini :
Gerakan tarikan garis menjadi gerakan ke kanan, ke kiri, ke kanan, dst.
Dengan susunan yang sama seperti di atas, bagaimana jika menggunakan dua tangan?
Tangan kanan (1, 3 & 5) dan tangan kiri (2, 4). Namun perlu diperhitungkan investasi (tambahan 1 alat tulis) berbanding keuntungan yang di dapat dari waktu kerja yang lebih singkat.
Marilah pacu semangat untuk selalu berbuat lebih baik lagi di dalam pekerjaan kita…
Selamat mencoba!
Selamat mencoba!
0 Response to "Game 5R-8"
Post a Comment